Rakor Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan Pengelolaan Keuangan Desa

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Madiun menyelenggarakan Rapat Koordinasi Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pengelolaan Keuangan Desa Tahun 2018 serta Persiapan Pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Desa Tahun 2019 di Kabupaten Madiun. Agenda tersebut dihadiri oleh Bapak Bupati Madiun H. Ahmad Dawami Ragil Saputro S.Sos, Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto, SH, M.Ak , unsur kepolisian dan kejaksaan Kabupaten Madiun, Unsur Kecamatan (Camat, Kasi PMP dan Kasi Tapem) serta Kepala Desa se Kabupaten Madiun (13/14 Desember 2018).

Agenda diawali dengan paparan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Madiun, Joko Lelono, AP, MH terkait “Mindset Revolution”, Meningkatkan Integritas, Membangun Sinergitas Mengawal Desa Menuju Kemajuan Bangsa. Dalam paparan tersebut dijelaskan evaluasi atas Desa dengan sudut pandang pada bidang Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, yakni Bidang Pembangunan Dan Pemberdayaan Kelembagaan Masyarakat, Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat serta Bidang Bina Pemerintahan Desa.

Beberapa hal yang disampaikan antara lain Tingkat Perkembangan Desa, Klasifikasi Desa, Evaluasi atas Penggunaan Dana Transfer Tahun 2018, Pengembangan Ekonomi Lokal Desa, Sasaran Peningkatan Kapasitas dan Integritas yakni Pemerintah Desa yang Bekerja Melayani, Revolusi Mental serta Kemandirian Desa yang Mensejahterakan.

Unsur Kepolisian dan Kejaksaan turut serta memberikan arahan dan materi dalam rangka unsur kehatian-hatian, patuh mekanisme/ regulasi pembangunan Desa khususnya pengelolaan keuangan Desa, berdasarkan asas transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran.

Dalam kesempatan tersebut dibuka sesi diskusi interaktif dengan Bapak Bupati Madiun. Beliau berkenan memberikan jawaban dan gambaran arah Desa ke depan sesuai dengan Visi Kabupaten Madiun, yakni Terwujudnya Kabupaten Madiun Aman, Mandiri, Sejahtera dan Berakhlak.

Posted in Berita.