Desa Mawacara

Desa Mawacara merupakan bagian atau kegiatan untuk meningkatkan kemandirian desa agar lebih berdaya saing dan berinovasi dalam pelaksanaan pembangunan di desa dengan optimalisasi pengelolaan dana transfer guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dan juga  merupakan wahana untuk memberikan reward/ apresiasi atas kinerja, kreasi dan inovasi dari Desa Se-Kabupaten Madiun. Diharapkan program kegiatan Desa Mawacara ini mampu menumbuh kembangkan industri kreatif, peningkatan kualitas menajemen pengelolaan keuangan desa, pengembangan potensi desa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Wakil Bupati Madiun H.Hari Wuryanto S.H. M.Ak. berpesan kepada seluruh penyelenggara pemerintahan desa diantaranya sebagai berikut :

  1. Dengan semakin besarnya dana transfer yang turun ke desa, baik yang berasal dari Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) diharapkan Desa untuk semakin berhati-hati dalam pelaksanaannya. Pedomani segala aturan yang ada dan hindari penyimpangan-penyimpangan.
  2. Program pemberdayaan ekonomi masyrakat untuk lebih ditingkatkan, utamanya untuk pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). BUMDES diharapkan mampu menjadi motor penggerak ekonomi Desa sehingga dapat mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat Desa.
  3. Tingkatkan sinergitas antara pemerintah Desa dengan lembaga-lembaga yang ada di Desa, utamanya dengan BPD dan LPKMD agar terwujud kekompakan dan kebersamaan sehingga proses pembangunan di Desa dapat berjalan dengan baik.

Kegiatan Desa Mawacara dilaksanakan tanggal 23 Juli 2019 menjadi rangkaian Hari Jadi Kabupaten Madiun Ke 451. Ini merupakan pelaksanaan tahun ketiga dengan mengambil sasaran pada pelaksanaan program Padat Karya Tunai (PKT). Adapun 5 Desa pelaksana program PKT terbaik dari 198 Desa yang ada di wilayah Kabupaten Madiun adalah :

  1. Terbaik I Desa Prambon Kecamatan Dagangan
  2. Terbaik II Desa Pajaran Kecamatan Saradan
  3. Terbaik III Desa Sumberejo Kecamatan Madiun
  4. Terbaik IV Desa Kebonagung Kecamatan Balerejo
  5. Terbaik V Desa Kaliabu Kecamatan Mejayan

Semoga menjadi semangat bagi Desa lainnya di Kabupaten Madiun

#DesaJuara

#KabupatenMadiun

#KampungPesilatIndonesia

#AyoApikBareng

#AMANAH

Posted in Berita.