Bimtek Aparatur Pemerintah Desa dan Unsur Kecamatan

Kepala Desa Se-Kabupaten Madiun dan Unsur Kecamatan mengikuti kegiatan Bimtek Aparatur Pemerintah Desa dan Unsur Kecamatan pada tanggal 27 Juli 2017. Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Bapak Joko Lelono, AP, MH menekankan agar dalam pengelolaan dan penggunaan keuangan desa, aparatur Desa diharapkan memiliki kredibilitas sehingga terhindar dari persoalan hukum. Serta dalam pengelolaan keuangan Desa dilaksanakan secara akuntabel dan transparan.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa juga telah memiliki aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Sistem aplikasi guna memudahkan dan mensistematisasikan pengelolaan keuangan mulai dari perencanaan, penyaluran, penatausahaan, pelaporan hingga penyampaian pertanggungjawaban. Diharapkan dengan sistem tersebut dapat meminimalisir kesalahan dalam pengelolaan keuangan desa yang dapat mengakibatkan penyimpangan penggunaan keuangan desa.

Pemerintah Kabupaten Madiun juga telah melaksanakan MoU dengan Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) berkaitan dengan pengawalan program kegiatan yang ada di Desa. Serta MoU dengan Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) mengenai konsultasi hukum. Kepala Dinas PMD berharap agar dalam setiap Bimtek turut serta mengundang pihak Polres terkait pencegahan tindak pidana korupsi.

Posted in Berita.