Bimbingan Teknis Kelompok Masyarakat Tepian Hutan

Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Madiun menyelenggarakan bimbingan teknis kelompok masyarakat tepian hutan pada tanggal 26 Maret 2019. Bimbingan teknis pemberdayaan lembaga/kelompok masyarakat tepian hutan ditujukan kepada 12 lembaga tepian hutan dari 12  Desa di 9 Kecamatan. Menghadirkan 2 (dua) narasumber yakni LPPM UNMER MADIUN dan KPH Saradan, poin disampaikan adalah:

  1. Upaya mengoptimalkan fungsi dan peran Kelompok Masyarakat Tepian Hutan sebagai lembaga pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar hutan;
  2. Pengelolaan tanaman pangan/pertanian dalam kawasan hutan; dan
  3. Pengembangan usaha ekonomi produktif dan pemanfaatan potensi lahan sekitar hutan.

Diharapkan dengan adanya bimbingan teknis, mampu meningkatkan kemampuan pengelolaan dan pengembangan lembaga. Mendorong lembaga untuk memiliki kekuatan baik daya dukung maupun daya saing sehingga menjadi salah satu penggerak ekonomi masyarakat sekitar hutan. Dampak yang ingin diwujudkan adalah dapat dirasakan manfaatnya masyarakat sekitar hutan dengan harapan desa maju, mandiri dan sejahtera serta eksistensi hutan terjaga dan tetap lestari.

 

Posted in Berita.