PENGUMUMAN LOMBA INOVASI TTG Tingkat SMA/SMK/MAN Tahun 2015 [UPDATED]

Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) adalah suatu proses untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan inovasi masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan daya saing masyarakat  guna meningkatkan produk unggulan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta mendukung pengembangan kecerdasan lokal (local genius) dan ekonomi kreatif. Merujuk pasal 12 ayat (1) Undang-undang Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan IPTEK bahwa dalam meningkatkan keahlian, kepakaran serta kompetensi manusia dan pengorganisasiannya, setiap unsur kelembagaan ilmu pengetahun dan teknologi bertanggung jawab mengembangkan struktur dan starta keahlian, jenjang karier sumber daya manusia, serta menerapkan sistem penghargaan dan sanksi yang adil di lingkungannya sesuai dengan kebutuhan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dalam konteks kebijakan Inovasi daerah sesuai dengan pasal 388 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang merupakan bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah. Pemerintah Kabupaten Madiun sebagai kepanjangan tangan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Pusat berinisiatif meningkatkan percepatan pembangunan IPTEK melalui penggalian inovasi teknologi tepat guna dan sumberdaya IPTEK yang ada di daerah dengan mengadakan lomba inovasi teknologi tepat guna di tingkat Kabupaten Madiun. Lomba inovasi teknologi tepat guna yang mendapatkan penghargaan adalah inovasi yang mampu menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi daerah, pengembangan potensi daerah dan penyusunan program pembangunan daerah. Penghargaan yang akan diberikan ada 3 (tiga) kategori yang meliputi Inovasi Teknologi di bidang Agribisnis, bidang Energi dan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Berdasar pada :

  1. Undang – undang Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan IPTEK;
  2. Undang – undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang   Pemerintahan Daerah;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah Kabupaten sebagai Daerah Otonom;
  4. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2011 tentang Pedoman Penelitian dan Pengembangan di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah;
  5. Peraturan Daerah Kabupaten Madiun Nomor 2 Tahun 2008 tentang Urusan Pemerintahan yang menjadi Kewenangan Kabupaten Madiun;
  6. Peraturan Daerah Kabupaten Madiun Nomor 3 Tahun 2008 tentang Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah;
  7. Peraturan Daerah Kabupaten Madiun Nomor 10 Tahun 2013 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Madiun Tahun 2013-2018;
  8. Peraturan Daerah Kabupaten Madiun Nomor 5 Tahun 2014 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah;
  9. Peraturan Bupati Madiun Nomor 58 Tahun 2011 tentang Tugas Pokok dan Fungsi Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Madiun;
  10. Peraturan Bupati Madiun Nomor 34 Tahun 2014 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2015.

Akan diadakan Lomba Inovasi TTG untuk memberikan pengakuan terhadap upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Madiun dalam memajukan penelitian, pengembangan dan penerapan IPTEK serta ditemukannya inovasi teknologi tepat guna sehingga kabupaten mampu lebih berdaya saing.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah mengapresiasi dan memotivasi masyarakat Kabupaten Madiun dengan uraian sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kreativitas dan inovasi teknologi tepat guna sehingga potensi lokal mempunyai nilai tambah dan daya saing.
  2. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pemahaman, pemanfaatan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi  dalam konteks teknologi tepat guna.
  3. Menginventarisasi dan memfasilitasi teknologi tepat guna yang berkembang di masyarakat.

 

KRITERIA PESERTA LOMBA

  1. SMA/SMK dan MAN yang memiliki komitmen kuat terhadap IPTEK dan inovasi teknologi tepat guna.
  2. Hasil rancang bangun (rekayasa) IPTEK yaitu berupa penciptaan/inovasi alat pengolahan atau alat proses untuk menghasilkan suatu output yang disertai dengan keterangan – keterangan ilmiah tentang cara kerja dan spesifikasinya.
  3. Pemerintah Kabupaten Madiun melaksanakan pembinaan terhadap pengembangan kelembagaan dan sumberdaya IPTEK yang menghasilkan inovasi teknologi tepat guna.
  4. Produk inovasi teknologi tepat guna yang dihasilkan berdampak pada ekonomi, sosial, ekologi, budaya dan berkelanjutan.
  5. Keberadaan inovasi teknologi berbasis sumberdaya lokal.

PENILAIAN LOMBA

Penilaian lomba inovasi teknologi tepat guna dikelompokkan dalam 3 bidang, yaitu :

  1. Inovasi Teknologi Bidang Agribisnis;
  2. Inovasi Teknologi Bidang Energi;
  3. Inovasi Teknologi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Adapun unsur – unsur yang dinilai dalam penghargaan lomba inovasi teknologi tepat guna adalah :

  1. Penulisan keterangan tentang teori, cara kerja dan spesifikasi diketik rapi (format MS Word Font Times New Roman 12) dalam bentuk proposal dengan susunan secara garis besar sebagai berikut :
    • Pendahuluan (abstract/intisari, latar belakang dan tujuan rancang bangun)
    • Mekanisme, cara kerja, proses, spesifikasi dari hasil karya cipta/rancang bangun (bisa diberi skema/ bagan/gambar dari alat).
    • Landasan teori. (Kalau dimungkinkan bisa diberikan  literatur/daftar pustaka tentang hal-hal yang terkait dengan alat tersebut).
    • Foto Dokumentasi
  1. Keaslian, keorisionilan, kespesifikan dan kepioniran produk.
  2. Hasil karya cipta/rancang bangun yang akan diberi penghargaan itu mempunyai asas manfaat dalam arti luas antara lain : nilai ekonomis, akibat dan dampak, makna ilmiah, atau dapat memberikan sumbangan ilmiah kepada masyarakat khususnya Kabupaten Madiun.

JADWAL KEGIATAN

No.

Kegiatan

Waktu

1. Telaahan Staf kepada Bupati dan Pengajuan Surat Keputusan Panitia Penyelenggara dan Tim Penilai 09 Juli 2015
2. Pembentukan Panitia dan Sekretariat 14 Juli 2015
3. Pendaftaran peserta lomba inovasi Teknologi Tepat Guna 10 s/d 22 Agustus 2015
4. Proposal masuk yang diterima oleh Panitia 22 s/d 28 Agustus 2015
5. Paparan proposal dan evaluasi terhadap 10 nominator 4 s/d 8 September 2015
6. Tim penilai melakukan kunjungan lapangan (fact finding) 9 s/d 11 September 2015
7. Tim Penilai bersidang menetapkan pemenang lomba 21 September 2015
8. SK penetapan pemenang juara lomba 22 September 2015
9. Penyerahan hadiah juara lomba 28 September 2015

Untuk Lampiran contoh Proposal bisa di download disini ==> Download

Pendaftaran/Proposal bisa dikirim melalui email atau ke Bidang SOSBUD Bapemas dan Pemdes Kabupaten Madiun

Untuk Info Lebih Lanjut bisa menghubungi Bidang SOSBUD Bapemas dan Pemdes Kabupaten Madiun di email sosbud@bapemas.madiunkab.go.id / (0351) 463577 atau No HP 08125925597 (Kadar S.)

Posted in Informasi.