Launching Pengelolaan Keuangan Desa dengan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) berbasis On Line di Kabupaten Madiun

Dalam rangka mewujudkan akuntabilitas, transparansi dan kecepatan pelaporan pengelolaan keuangan desa, perlu didukung dengan basisIMG-20171130-WA0011 teknologi berupa sebuah sistem yang terintegrasi dengan baik. Dalam hal ini, aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang dibuat oleh BPKP bekerja sama dengan Kemendagri memberikan solusi penataan pengelolaan keuangan desa menjadi lebih baik yang terintegrasi mulai dari perencanaan, penganggaran, penatausahaan dan pelaporan.

Pada Tahun 2016 Pemerintah Kabupaten Madiun telah melakukan sosialisasi dan launching aplikasi Siskeudes kepada seluruh Kepala Desa dan ditindaklanjuti berupa bimbingan teknis secara bertahap dan berkesinambungan kepada satgas Kecamatan, operator Desa dan pejabat yang menangani pengelolaan keuangan Desa. Selanjutnya aplikasi Siskeudes wajib diimplementasikan pada Tahun 2017 dalam versi offline.

Adapun launching pengelolaan keuangan Desa dengan aplikasi Siskeudes berbasis on line di Kabupaten Madiun dilaksanakan tanggal 29 November 2017 bertempat di Pendopo Muda Graha Kabupaten Madiun Jl Alun-Alun Utara No. 4  Madiun. Upaya ini merupakan salah satu wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Madiun dalam pengawasan pengelolaan keuangan Desa. Inovasi MoU PemkabPemerintah Kabupaten Madiun ini diharapkan dapat mewujudkan pengelolaan keuangan Desa yang terintegrasi dengan baik sesuai dengan mekanisme kerja tahunan Pemerintah Desa berdasarkan regulasi yang berlaku dengan asas transparan, akuntabel, partisipatif, tertib dan disiplin anggaran.

Pada kesempatan tersebut turut dilaksanakan Penyerahan Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa se Kabupaten Madiun  serta Penandatanganan MoU antara Bupati Madiun, Kapolres Madiun dan Kapolres Madiun Kota tentang Pencegahan, Pengawasan, dan Penanganan Permasalahan Dana Desa di Kabupaten Madiun.

Posted in Berita.