KEGIATAN BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT (BBGRM) Tahun 2016

Pelaksanaan kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) merupakan upaya untuk menggelorakan semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan yang berlandaskan keswadayaan sebagai sistem nilai sosial budaya yang telah menyatu dalam kehidupan masyarakat kita, agar masyarakat merasa memiliki dan bertanggung jawab dalam melaksanakan, memanfaatkan dan melestarikan semangat dan jiwa gotong royong yang telah mulai luntur dalam dinamika masyarakat yang modern. Sedangkan Pelaksanaan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK yang selama ini dilaksanakan merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas kehidupan keluarga, karena keluarga merupakan sendi dasar kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, salah satu kegiatan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK adalah meningkatkan pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan masyarakat, terutama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam acara ini diserahkan pula secara simbolis pemenang Lomba Gotong Royong Terbaik Tingkat Kabupaten Madiun yang diraih oleh Desa Sukosari Kecamatan Dagangan.

BBGRM 16

Pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat selama satu bulan penuh dimulai tanggal 02 Mei 2016 s/d 31 Mei 2016 bergiliran di setiap kecamatan di Kabupaten Madiun yang diharapkan menjadi momentum dalam rangka menghidupkan nilai – nilai gotong royong yang telah melekat pada diri masyarakat semenjak nenek moyang kita dan secara turun temurun diwariskan dari generasi ke generasi. Dalam kehidupan keluarga, sifat gotong royong juga tercermin dari rasa saling asah, saling asih dan saling asuh di antara anggota keluarga yang merupakan impelementasi fungsi – fungsi keluarga. Puncak Kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIII dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 44 tahun 2016 mengambil tema :

              “ Dengan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Kita Dayagunakan Peran Lembaga Kemasyarakatan Sebagai Mitra Pemerintah Desa Dan Kelurahan ”

Kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) mengacu pada pasal 10 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 tahun 2005 tentang pedoman penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat yang meliputi

  1. Gotong royong di bidang kemasyarakatan.
  2. Gotong royong di bidang ekonomi.
  3. Gotong royong di bidang sosbud dan agama.
  4. Gotong royong di bidang lingkungan

BBGRM 16 2Gotong Royong merupakan kegiatan kerja sama dalam berbagai bidang pembangunan yang di arahkan pada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat dalam pembangunan, Gotong Royong merupakan tradisi dan budaya masyarakat Indonesia yang sudah menjadi warisan turun temurun dari generasi ke generasi terdahulu. Nilai – nilai gotong royong yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat sebagai bagian dari system nilai budaya bangsa, yang perlu dilestarikan secara berdaya guna dan berhasil guna untuk memperkuat intergritas sosial masyarakat di Desa dan Kelurahan serta memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia. Nilai – nilai gotong royong dan keswadayaan membuat masyarakat senantiasa hidup rukun di setiap komunitas lokal, bersama – sama mengembangkan kehidupan keluarga dan kerabat, serta bahu membahu dalam membangun kehidupan bersama. Kearifan nilai – nilai sosial budaya dalam aspek bergotong royong dan keswadayaan patut dijaga, di pelihara dan di kembangkan agar masyarakat bersinergi, berpartisipsi dan berkeberdayaan menuju Bangsa yang Mandiri dan Sejahtera. Dalam rangka memperkuat integritas sosial, integritas bangsa dan memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui pendayagunaan dan pelestarian nilai – nilai gotong royong yang tumbuh dan berkembang serta mengakar dalam kehidupan masyarakat kita sebagai bagian Budaya Bangsa.

 BBGRM 16 3

Lokasi Kegiatan penilaian gotong royong dilaksanakan mulai tanggal 25 Januari 2016 s/d 18 Pebruari 2016 di 15 Kecamatan. Sedangkan untuk kegiatan kerja bhakti massal dilaksakan mulai tanggal 02 Mei 2016 s/d tanggal 27 Mei 2016 di 14 Kecamatan, sebagai puncak kegiatan BBGRM dilaksanakan di Desa Sugihwaras Kecamatan Saradan pada tanggal 31 Mei 2016.

dscn4212-mov_snapshot_00-04_2016-09-19_12-37-44Pelaksanaan kegiatan BBGRM di 15 Kecamatan se Kabupaten Madiun melibat sebanyak ± 4.200 orang dengan sasaran kegiatan pembersihan jalan desa, pembersihan selokan jalan lingkungan, pengurukan jalan desa, rabat jalan lingkungan dan perbaikan musholla.

Posted in Berita.